Kompetensi

Sarjana

Jenis Kompetensi

Jenis kompetensi dapat dibagi menjadi beberapa kategori berikut ini.
a.       Core Competencies
Kompetensi utama (Core Competencies) adalah sebuah kompetensi yang didefinisikan sebagai kemampuan internal yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis. Kompetensi ini adalah kompetensi yang diharapkan dimiliki semua individu dalam organisasi. Kompetensi ini mendefinisikan tentang nilai-nilai organisasi yang paling dipahami oleh kebanyakan orang. Tujuan dari kompetensi utama bagi individu adalah agar ia bisa bekerja dalam beragam posisi di dalam organisasi.


b.      Threshold Competencies
Threshold Competencies adalah karakteristik setiap pemegang pekerjaan sehingga bisa melakukan pekerjaan secara efektif, tetapi tidak dapat digunakan untuk membedakan seorang yang berkinerja tinggi, rata-rata dan atau rendah. Misalnya, penjual yang baik harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang produk yang mereka jual, tetapi pengetahuan ini tidak selalu cukup untuk memastikan performa penjualan mereka.


c.       Differentiating Competencies
Differentiating Competencies adalah karakteristik yang membedakan individu berkinerja superior dengan yang rata-rata. Diffrentiating Competencies tidak ditemukan dalam individu yang berkinerja rata-rata. Misalnya individu yang bekerja di bidang desain memilikidifferentiating competencies dalam mendesain yang membuatnya lebih unggul dari orang lain.